Kamis, 19 Juni 2008

CUMI-CUMI SAOS HITAM



Nah, sekarang saya mau intip masakannya asisten saya, Cumi-Cumi Saos Hitam. Kata orang sih masakan asisten saya enak (he he, emang bener seh...)... Kalau mau coba gini neh (berdasarkan investigasi saya.. he he he...)

Bahan :
2 kg cumi2 (lengkap sama kepalanya)
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 lbr daun salam
1 btg sereh
garam
gula

Cara memasak:
1. Tumis bawang putih & bawang merah;
2. Masukkan daun salam & sereh;
3. Masukkan kepala cumi terlebih dahulu, tunggu sampai tinta cuminya pecah dan berwarna kehitam-hitaman (jangan ditambah air, karena nanti bisa amis)
4. Kalau sudah keluar tinta hitamnya, baru masukkan cumi2nya semua
5. Tambahkan garam & gula sesuai selera
6. Tutup wajan (biasanya pake tutup panci aja), diamkan sampai cumi2 empuk (jangan terlalu lama juga)
7. Masakan siap dihidangkan

6 komentar:

Desita Eka mengatakan...

waahh..enak nih...tp nggak 2kg jg gpp kan mbak..

Judith mengatakan...

Hhhmmm ... nyami banget mbak, mau dunk. Sayangnya ditempatku nggak ada cumi yang kayak gitu..

Amsterdam - Today mengatakan...

Baru beli cumi-nya, tinggal cari bahan2 yg lainya...

*penasaran mau coba, abis simple banget :)

Nataludin mengatakan...

Hmmmmmm... nikmat kali... bikin laper aja nih

rizky mengatakan...

wahhh... lezatnya? Masakkan cumi2 tu favorit aQ ma. untung aQ hari ini gak puasa,,,, jadi bisa ngiler sampek puasss

Eucalyptus mengatakan...

U/ Desita Eka : Boleh aja dikurangin cuminya, sekalian bumbu2nya dikurangin juga deh

U/ Judith : He he, disana cumi udah pada bersih alias dibuang tintanya ya... buat calamari aja deh

U/ Amsterdam : Wah, beneran neh mo coba buat... hebat euy...

U/ Nataludin : Seneng cumi juga, Din?

U/ Rizky : He he he, percuma ngiler aja, dicobain dunks...