Sabtu, 14 Juni 2008

IKAN PAMPIS (MANADO)


Karena mama mertua saya tinggal di Manado, setiap kali berkunjung ke Jakarta beliau selalu membawakan macam-macam ikan dari Manado. Salah satunya adalah IKAN CAKALANG FUFU (yaitu ikan cakalang yang di-asap, bentuknya seperti ikan tongkol). Kalau di Jakarta bisa dibeli di Carrefour

Cara memasaknya bisa di-potong2, direndam dalam bumbu bawang putih, air & garam, atau dibuat PAMPIS. Ini salah satu kesukaan saya.

Bahan :
1 bh Ikan Cakalang Fufu (suwir-suwir dagingnya)
3 ikat Daun Kemangi (petik daunnya)
1 bks Royco Rasa Ayam
2 bh Tomat (iris)

Bumbu yang dihaluskan/ulek:
6 bh Cabe Merah
5 bh Bawang Merah
4 bh Bawang Putih
1 sdt Garam

Cara Memasak :
- Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum;
- Masukkan Tomat iris
- Lalu masukkan Ikan yang telah di-suwir2
- Bubuhkan Royco
- Terakhir masukkan Daun Kemangi
- Masakan siap dihidangkan dengan nasi hangat

7 komentar:

elly.s mengatakan...

ikannya langsung disuwir mentah2? pijimane caranyaaaa????
goreng dulu kaliii..
atau rebus???

an diana mengatakan...

aaaaaaarrrrrrggghhhhhhh...
syebbbeeelllll...
enaknyaaaa.... (tunggu dikirim dari Jati ajah, ogah bikin sendiri..hehehe)

Eucalyptus mengatakan...

U/ Elly : Ikan Cakalang itu kan udah mateng krn di asep... jadi langsung suwir2 aja

U/ Andiana : Kekekek.... ayo dipandangin aja tuh gambar...

Judith mengatakan...

Aduh Jeng, ketika aku masih tinggal di Ternate - Maluku Utara, aku paling sukaaaaa banget masak ikang fufu ini dimasak rica, nyaammmi abis.

Aku jadi pingin ikan fufu nih Mbak ^_^ ...

Eucalyptus mengatakan...

U/ Judith : Wah, iya ikang manado paling top tuh... nanti deh klo aku ke Swiss dibawain, hue he he... terakhir aku kesana Juni 2004 tuh... Kapan ya bisa balik lagi?

Amsterdam - Today mengatakan...

Mammm...thks resepnya, jadi mau coba buat sendiri nih...kayaknya ga' sulit tuh :D
* request resep yang pakai daging ayam dunk Mam...( yg ga' ruwet buatnya...)

Eucalyptus mengatakan...

U/ Indo : Emang disana ada ikan pampisnya? Secara di Jakarta aja rada2 susah lho cari ikan cakalang..